Bupati Tabanan Meresmikan Program I LUH MANTUL IS DEBEST di Desa Beraban

Program ILUH MANTUL diresmikan oleh Ibu Bupati Tabanan :

  1. SATU KEPALA KELUARGA SATU SARJANA S-1

Adalah pemberian beasiswa berupa dana rangsangan kepada lulusan SMU atau sederajat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Tujuan program ini adalah dalam setiap KK tercetak sumber daya manusia Desa Beraban yang memiliki daya saing tinggi. Besar dana rangsangan yang diberikan adalah Rp 500.000,- per orang per bulan selama 4 tahun.

Syarat-syarat mengikuti Program 1 KK 1 Sarjana S-1:

  1. Calon Penerima Dana Rangsangan adalah krama adat Desa Pakraman Beraban yang tercantum dalam KK Adat Desa Pakraman Beraban
  2. Calon Penerima Dana Rangsangan adalah lulusan SMU/SMK atau sederajat pada tahun 2019 dan langsung mendaftar sebagai calon mahasiswa sarjana S-1
  3. Calon Penerima Dana Rangsangan adalah calon mahasiswa untuk program S-1, baik negeri maupun swasta
  4. Calon Penerima Dana Rangsangan menyerahkan dokumen berupa:
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  6. Surat Keterangan dari Klian Adat setempat, bahwa yang bersangkutan tercantum dalam KK Adat banjar pakraman setempat.
  7. Fotokopi Ijazah SMU/SMK/Sederajat (yang asli ditunjukkan) 2019 atau Surat Keterangan Lulus 2019
  8. Fotokopi Nilai UN (yang asli ditunjukkan)
  9. Fotokopi Surat Pendaftaran di Perguruan Tinggi
  10. Fotokopi Kwitansi Pendaftaran di Perguruan Tinggi
  11. Fotokopi SKS Mata Kuliah yang akan ditempuh
  12. Calon Penerima Dana Rangsangan membuka rekening di LPD Desa Beraban atas nama Kepela Keluarga yang bersangkutan
  13. Calon Penerima Dana Rangsangan bersedia menandatangani MoU (Memorandum of Understanding/ Nota Kesepahaman sebagai pedoman mengikuti program.
  1. PAUD GRATIS

Memberikan kemudahan dan rangsangan kepada krama Desa Beraban untuk memberikan pendidikan usia dini kepada putra-putrinya.

Ruang lingkup pemberian Program PAUD Gratis:

  1. Uang Gedung
  2. SPP
  3. Majalah Siswa
  4. Buku Paket
  5. Alat Tulis

Syarat-syarat mengikuti Program PAUD Gratis:

  1. Surat Keterangan dari Klian Adat setempat, bahwa yang bersangkutan tercantum dalam KK Adat banjar pakraman setempat, usia 3 sampai dengan 6 tahun
  1. DOCTOR ON CALL

Adalah tanggungan jasa dokter umum yang dipanggil datang ke rumah oleh pasien (krama Desa Beraban). Ruang lingkup program ini adalah setiap krama memperoleh dana tanggungan jasa dokter yang dipanggil ke rumah sebanyak 1 kali per 1 bulan. Setiap KK akan memperoleh kartu untuk program ini

  1. EMERGENCY TRANSPORT

Program ini berupa bantuan untuk mengantar krama Desa Beraban yang menderita sakit ke rumah sakit. Mobil dan sopir pengantar disiapkan dan dibiayai oleh pemerintah Desa Pakraman Beraban.

  1. SANTUNAN RAWAT INAP

Prinsip dasar program ini adalah meringankan beban keluarga yang anggota keluarganya opname di rumah sakit baik negeri maupun swasta. Pemerintah Desa Beraban memberikan dana bantuan sebesar Rp 1.000.000,- per KK sekali dalam 1 bulan kepada penunggu pasien.

Syarat-syarat Program Santunan Rawat Inap:

Surat Keterangan dari Klian Adat setempat, bahwa yang bersangkutan tercantum dalam KK Adat banjar pakraman setempat dan opname minimal 3 hari

  1. SANTUNAN KEMATIAN

Adalah bantuan dana tunai kepada seluruh krama Desa Pakraman Beraban yang meninggal. Besaran dana bantuan tunai ini adalah Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah ) per jenazah. Tujuannya adalah meringankan beban krama Desa Pakraman Beraban untuk menyelesaikan upacara kematian anggota keluarganya.

  1. WAHANA AIR BENA TANTANGAN PANTAI NYANYI

Pengembangan Wisata Wahana Air Bena Tantangan ini terletak di Pantai Nyanyi, sebelah timur Pantai Tanah Lot.  Secara garis besar program ini  mencakup wisata wahana air itu sendiri seperti memancing, kano dan sebagainya   dan wisata spiritual melukat yang berlokasi di hulu Bena Tantangan di Beji Pura Boma. Dengan pengembangan wisata baru ini sebagai otherside of Tanah Lot, diharapkan dapat mendongkrak income Desa Beraban selain pendapatan dari obyek wisata Tanah Lot

  1. WISATA TRACKING

Cakupan wisata tracking Desa Beraban adalah cycling dan hiking. Cycling adalah menjelajah seluruh destinasi wisata yang ada di Desa Beraban baik wisata alam maupun budaya dengan menggunakan sepeda sebagai sarana sementara hiking mengajak wisatawan asing maupun domestik lebih membaur dan mengenal potensi wisata alam maupun budaya Desa Beraban dengan berjalan kaki. Salah satu misalnya pada ssat musim tanam, wisatawan akan diajak merasakan sensasi turun ke sawah ikut berbaur dengan petani untuk menanam padi. Di beberapa spot, akan dibangun rest area sebagai sarana penunjang.

Wisata tracking ini diharapkan banyak menyerap tenaga kerja, pertanian terjaga eksistensinya dan side income bagi Desa Beraban.

  1. BANTUAN/PUNIA PURA PEMAKSAN

Program ini adalah bantuan/punia dana hibah tunai tanpa proposal kepada pura-pura pemaksan yang ada di Desa Pakraman Beraban yang tujuannya adalah untuk membantu biaya-biaya yang dikeluarkan oleh pura pemaksan baik biaya puja wali maupun biaya pembangunan. Besarnya adalah Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) per pura pemaksan per tahun. Mekanisme penyalurannya mengambil momentum pada saat pemlastian menjelang Hari Raya Nyepi setiap satu tahun sekali. Sehingga dalam 1 tahun, untuk program ini, di dalam APBDes disiapkan anggaran sebesar Rp 900.000.000,- (sembilan ratus juta rupiah)